Faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna

Flora dan fauna yang ada di bumi masing-mempunyai persebaran yag tidak merata .mengapa begitu? Karena setiap flora dan fauna memiliki karakteristik sendiri. Berikut telah kami rangkum factor yang menyebabkan persebaran flora dan fauna.

1. Faktor klimatik

Iklim mempengaruhi terhadap persebara flora ddan fauna biasanya mudah diamati pada tempat yang mempunyai iklim yang ekstrim seperti kutub dan gurun. Kedua tempat ini punya iklim yang ekstrim sehingga sehingga flora dan faunanaya terbatas.

  Faktor iklim yang mempengaruhi diantaranya  : suhu ,kelembapan udara , angin dan curah hujan

a.Suhu

   Kondisi suhu sangat berpengaruh terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan karena berbagai jenis spesies memiliki penyesuaian suhuterhadap lingkungan. Misal pada flora dan fauna yang hidup di Kawasan kutub memiliki ketahanan yang bagus karena berada pada suhu ekstream dan hanya yang kuat yang bisa bertahan .

   Pada wilayah yang mempunyai suhu relative sedang tidak panas dan tidak terlalu dingin biasanya sangat baik untuk kehidupan sebagian organisme,baik manusia,hewan maupun tumbuhan . hal disebabkan karna suhu sangat mempengaruhi dan salah satu kendala bagi makhluk hidup

   Untuk tumbuhan kondisi suhu udara adalah salah satu faktor persebaran vegetasi sesuai posisi lintang ,ketinggian tempat dan kodisi topografinya.

b. Kelembapan udara

   Yaitu keadaan banyaknya uap air yang terkandung dalam masa udara dan tingkat kelembapanya berpengaruh bagi kehidupan flora dan fauna . Beberapa tumbuhan sangat cocok hidup di wilayah kering sebaliknya adatumbuhan yang hanya bisa hidup di lngkungn dengan kadar air tinggi .

c. Angin

   Dalam ssiklus hidrologi angin berfungsi sebagai alat transportasi yang dapat memindahkan uap air atau awan dari suatu tempat ketempat lain.Hal ini berguna bagi kehidupan karena mengakibatkan distribusi air tersebar di berbagai wilayah di atmosfer. Secaraalamiah kebutuhan orgasme akan air terpenuhi .Pergerakan angin juga membantu memindahkan beberapa benih dan membantu proses penyerbukan pada beberap jenis tanaman.

d.Curah hujan

    Tingkat intensitas curah hujan padasuatu wilayah akan membentuk karakteristik  bagi formasi vegetasi yng ada di bumi. Karakter vegetasi  yang mrnutupi hutan hujan tropis sangatjauh berbeda dengan vegetasi yang menutupi Kawasan muson,stepa atau gurun.Karakter vegetasi  di wilayah muson di dominasi oleh tumbuhan gugur daun untuk menjaga kelembapan aat musim kemarau. Wilayah gurun di dominasi oleh jenis tumbuhan yang sangat tahan terhadap kekeringan . Hal ini menyebkan setiap tumbuhan memiliki krakteristiknya . Pada dasarnya tumbuhan merupakan salah satu sumber makanan bagi hewan.

2. Faktor Edafik

        Faktor edafik atau tanah berpengaruh pada tanaman adalah tingkat kesuburan tanah.Adapun yang menjadi parameter kesuburan tanah  antara lain, kandungan humus ataubahan organik unsurhara ,tekstur, dan struktur tanah serta ketersediaan air pada pori-pori tanah.

3. Faktor fisiografi 

   Faktor fisiografi yang mempengaruhi kehidupan mkhluk hidup , meliputi ketinggian tempat dan bentuk lahan .Ketinggian tempat sangat berpengaruh terhadap perubahan suhu udara. Mungkin dapat dilihat pada proses penurunan suhu udaaara setiap terjadi kenaikan tinggi tempat yang disebut gradien thermometrik . Perbedaan suhu di tempat satu dengan yang lainya mengakibatkan perbedaan corak tumbuhan di wilayah tertentu sesuai ketinggian tempatya dan jenis.

4. Faktor Biotik

Yang paling dominan berpengaruh terhadap tatanan kehidupan makhluk hidup di bumadalah manusia  Melalui ilmu pengetahuan dan teknologi ,mausia dapat membudidayakan beberapa jenis tumbuhan dan hewan di luarhitat aslinya .

    Selain manusia ada juga tumbuhan yang mempengaruhi factor biotik .Dalm hal ini tumbuhan yang lebih besar merupakan tempat perlndungan yang aman bagi  tumbuhan yang lebih kecil maupun binatang yang hidup disekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *